Budiman Sudjatmiko
Budiman Sudjatmiko
"Kerja jauh dari usai, dan pengharapan selalu lebih panjang dari nafas..."

Bergabung


Berlangganan Newsletter

Dapatkan update newsletter dari budimansudjatmiko.net:

PDI Perjuangan
www.pdiperjuangan.or.id | @pdi_perjuangan

PDI Perjuangan merupakan partai politik yang memandang bahwa sesungguhnya cita-cita luhur untuk membangun dan mewujudkan Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta berkeadaban dan berketuhanan sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan cita-cita bersama dari seluruh rakyat Indonesia.?

Sebagai Partai Ideologis berasaskan Pancasila 1 Juni 1945, PDI Perjuangan berperan aktif dalam usaha-usaha untuk mencapai cita-cita bersama di atas. Untuk itu, PDI Perjuangan berketetapan menjadi alat perjuangan dan pengorganisasian rakyat.

DPR RI

Budiman Sudatmiko saat ini adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Fraksi PDI Perjuangan yang mewakili Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII: Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Cilacap. Ia duduk di Komisi II yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, dan agrarian.

Mitra kerja Komisi II antara lain Kementerian Dalam Negeri, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Sekretaris Negara, Sekretaris Kabinet, LAN, BKN, BPN, Arsip Nasional RI, KPU, BAWASLU, Ombudsman Republik Indonesia, dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4)

Rumah Aspirasi Budiman

Rumah Aspirasi Budiman (RAB) adalah salah satu janji Budiman Sudjatmiko dalam kampanye Pemilu Legislatif tahun 2009 yang lalu, selain janji untuk mengadvokasi konflik agraria di wilayah Kabupten Cilacap dan Banyumas, serta memperjuangkan RUU tentang Desa. Tujuan pembentukan RAB ini adalah untuk menjembatani agar aspirasi konstituen dengan wakilnya di DPR tidak terputus. RAB dideklarasikan 4 Oktober 2009, 3 hari setelah Budiman dan anggota DPR yang lain dilantik. Hampir setiap hari RAB?selalu didatangi warga yang mengadu. Umumnya, warga mengadu tentang konflik?agraria yang terjadi di wilayahnya. Penyelesaian konflik agraria memang menjadi perhatian utama RAB, selain peningkatan kapasitas masyarakat.

Indonesian Archipelago Cultural Initiatives

Sebuah perkumpulan yang didirikan karena keprihatinan terhadap visi dan pengelolaan budaya yang ada selama ini. IACI dideklarasikan di Bandung, 29 Desember 2007 dengan visi: "preserving traditional culture untraditionally". Lembaga ini aktif melakukan inventarisasi kekayaan budaya bangsa. Hingga saat ini mereka telah mendata lebih dari 10 ribu artefak budaya Nusantara. Data yang terkumpul kemudian dikaji lebih jauh, bekerjasama dengan Bandung Fe Institute dan Surya Research International, hingga menghasilkan puluhan karya penelitian dan produk-produk inovatif lainnya. IACI juga melakukan sejumlah ekspedisi dan pelatihan web 2.0 (untuk mendukung program pendataan budaya) ke sekolah, kampus dan kantong-kantong kebudayaan lainnya. Lembaga ini juga aktif memperkuat upaya perlindungan hukum kebudayaan.

Gerakan Desa Membangun
www.desamembangun.or.id | @desamembangun

Gerakan Desa Membangun adalah gerakan untuk mewujudkan kedaulatan masyarakat akar rumput. Gerakan Desa Membangun merupakan pelopor desa melek IT

University of London

Universitas London merupakan sebuah perguruan tinggi di London, Britania Raya. Universitas ini didirikan pada tahun 1836 dan merupakan universitas terbesar di negara tersebut.

University of Cambridge

Universitas Cambridge (Inggris: Cambridge University; Latin: Universitas Cantabrigiensis) adalah universitas kedua-tertua di dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya.

Budiman Sudjatmiko mengenang orde baru dan masa-masa berkenalan dengan politik semenjak di bangku sekolah.

Jika sering kita mendapati orang-orang berkata bahwa Bung Karno dan Gus Dur adalah sosok-sosok yang lahir mendahului jamannya, maka saya katakan bahwa pernyataan tersebut hanya menjelaskan sebagian kebenaran saja...

Saya kira itu opini pribadi Mas Hendrawan. Sampai sekarang belum ada pembicaraan itu...

Berita tentang Budiman Sudjatmiko dan hal-hal lain yang menjadi perhatiannya.